Inspirasi Desain Rumah Bergaya Joglo Minimalis

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Joglo Minimalis - Design tempat tinggal minimalis adalah satu diantara jenis favorite yang banyak diadaptasi oleh orang-orang Indonesia. Tetapi, bagaimana bila style minimalis digabungkan dengan arsitektur tradisional seperti tempat tinggal Joglo, jenis tempat tinggal kebiasaan asal Jawa Tengah? Hair stylist asal Belanda, Rob Peetom, mengombinasikan ke-2 elemen itu dalam tempat tinggal yang diimpikannya yang terdapat di Canggu, Bali. 

Serta Pulau Dewata jadi pilihan sang penata rambut untuk membangun tempat tinggal minimalis Joglonya. “Saya jatuh cinta dengan budaya Bali. Terlebih sesudah berkunjung ke Canggu, menurut Saya tempat itu begitu damai serta asri, hingga Saya segera di inspirasi untuk membangun rumah disini. Terkecuali dekat dari Seminyak, Canggu juga di kelilingi oleh ladang hijau padi yang alami, ” papar desainer ini. 
Untuk wujudkan yang diimpikannya, Peetom berkonsultasi dengan arsitek kelahiran Meksiko yang bertempat di Bali, Tom Talucci. Tempat tinggal bergaya arsitektur tradisional Jawa Tengah ini terbagi dalam tiga bangunan terpisah yang posisinya sama-sama berdekatan. 

Keseluruhannya tempat tinggal ini mempunyai kemampuan lima kamar tidur, di mana tiap-tiap kamar tidurnya diperlengkapi dengan kamar mandi, hingga melindungi privacy antar anggota keluarga. 

Melongok ke bangunan paling utama dengan luas bangunan 225 mtr. persegi, ruang ini digunakan sebagai ruangan keluarga. Terkecuali ruangan keluarga, ada juga dua kamar tidur memiliki ukuran cukup besar. 

Tempat tinggal ini dapat mempunyai ruang spesial untuk tamu bermalam, di mana bangunan itu di isi dua kamar tidur serta satu ruangan tamu. Lalu pada bangunan ketiga, diisi satu kamar tidur paling utama yang juga didesain dengan sentuhan tempat tinggal joglo yang kental. 

Walau mengangkat kesan tradisional, tetapi tempat tinggal Peetom juga mempunyai detail yang inspiratif untuk dicontek. Pada bangunan paling utama tempat tinggal Joglo, ada akses menuju satu kolam ikan yang dikelilingi oleh stepping stone. Di samping segi kolam ikan juga ada ruang pijat serta kolam renang yang siap memanjakan yang tinggal didalam rumah.

Tempat tinggal ini dapat mempunyai dua dapur ; dapur pertama di buat terbuka tanpa ada sekat. Sedang dapur satunya lagi terdapat di gedung yang terpisah serta berperan sebagai tempat berkumpul keluarga besar, rekan-rekan, atau rekanan kerja. 

Feature lain yang bikin tempat tinggal Peetom terlihat unik adalah jejeran koleksi kesenian khas Indonesia yang terpajang di dinding interior. Peetom mengakui telah lama jadi kolektor kain batik cap khas Bali yang langka. 

“Saya begitu senang dengan hasil karya Tom Talucci saat mendesain tempat tinggal ini. Tempat tinggal ini adalah kombinasi tradisional yang menawan dan kenyamanan yang tidak lekang oleh saat, ” tutup Peetom bangga. 

Untuk Anda yang menginginkan mengikuti style tempat tinggal Rob Peetom yang memiliki nuansa tradisional modern, terdapat banyak poin yang butuh diperhatikan. Pertama, tentukan material kayu yang minim ukiran. Kesan minimalis dapat didatangkan dari kayu yang memiliki ukuran tidak tebal tetapi diatur rapi membuat susunan bangunan yang kokoh. 

Diluar itu, Anda butuh waspada pilih perlengkapan kayu untuk isi ruang. Tentukan material kayu yang enteng serta berpadu dengan warna warni yang ceria supaya tempat tinggal Anda berkesan cerah serta modern. 

Paling akhir, janganlah lupakan material kaca sebagai pengganti dinding di sebagian ruang yang berkesan gelap. Selamat coba!
Inspirasi Desain Rumah Bergaya Joglo Minimalis | Media Kata | 5